Contoh Kata Pengantar Karya Tulis

Berikut ini adalah contoh kata pengantar yang menurut saya patut dipertimbangkan sebagai acuan. Ini karena saya membacanya dari sebuah buku yang mengulas tentang bagaimana menulis karya tulis. Sehingga paling tidak ada sedikit kredit tambahan bagi kata pengantar berikut ini. Nah berikut ini contoh kata pengantar karya tulis tersebut, maksud saya dalam buku karya tulis tersebut.

Kata Pengantar

Maju-tidaknya suatu negara di antaranya ditentukan oleh tingkat pendidikan masyarakatnya. Negara yang masyarakatnya berpendidikan maju adalah masyarakat yang dapat mempelajari dan mengamalkan ilmu pengetahuan demi kemajuan bangsanya. Salah satu caranya melakukan penelitian dengan menggunakan metodologi dan ditulis secara sistematis.

Untuk itulah salah satu tujuan penulis menghadirkan buku yang berjudul Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan kalangan umum. Isinya tidak banyak mengupas teori, sebab buku ini lebih menitikberatkan pada praktik penulisan karya ilmiah. Hal-hal yang dibahas dalam buku ini, yakni langkah-langkah dan contoh-contoh penulisan karya ilmiah, di antaranya: artikel, makalah, paper, laporan, skripsi, tesis, proposal, dan tajukrencana. Selain itu, dilengkapi dengan penggunaan ejaan, pembentukan kalimat, kalimat efektif, konvensi naskah, bibliografi, kutipan dan catatan kaki, juga pedoman transliterasi Arab-Indonesia.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat maksimal dalam kerangka menuntun menulis karya ilmiah. Mudah-mudahan harapan penulis terkabulkan mahasiswa terampil membuat berbagai karya ilmiah. Akhimya, kepada Allah Subhanahu wata’ala hamba serahkan semua permohonan hamba semoga senantiasa mendapat rida dan magfirah-Nya. Amin.

Bandung, 10 April 2007
Penulis

Semoga contoh kata pengantar karya tulis diatas dapat berguna dan menambah ilmu kita semua.